Thursday, October 26, 2017

AYO BAHAGIA



Jangan Pernah Menyalahkan Rencana Tuhan


Ada seorang tukang tahu...

Setiap hari ia menjual dagangannya kepasar. Untuk sampai kepasar, ia harus naik angkot langganannya. Kemudian untuk sampai kejalan raya, ia harus melewati pematang sawah.

Setiap pagi ia selalu berdoa kepada Tuhan agar dagangannya laris.

Begitulah setiap hari, sebelum berangkat berdoa terlebih dahulu dan pulang sore hari.

Dagangannya selalu laris manis...

Suatu hari, ketika ia melewati sawah menuju jalan raya utk naik angkot langganannya, entah kenapa tiba-tiba ia terpeleset kedalam sawah. Semua dagangannya jatuh berserakan, hancur berantakan! Jangankan untung, modal pun buntung.

Tukang tahu itu mengeluh kepada Tuhan, bahkan "Menyalahkan" Tuhan, mengapa ia diberi cobaan seperti ini? Padahal ia selalu berdoa setiap pagi.

Akhirnya ia pun pulang dan tidak jadi berdagang.

Tapi dua jam kemudian ia mendengar kabar, bahwa angkot langganannya yang setiap hari ia naiki, pagi itu jatuh ke dalam jurang. Semua penumpangnya tewas! Hanya dirinya satu-satunya calon penumpang yang selamat.

"Akibat" tahu jualannya jatuh kesawah, sehingga ia tidak jadi berdagang dan membawa pulang tahu-tahunya yang sudah remuk tadi.

Sorenya ada seorang peternak bebek mencarinya dan hendak membeli tahu untuk makanan bebek namun anehnya peternak bebek itu hanya mencari tahu yang hancur karena untuk digunakan sebagai campuran makanan bebek  saja.

Spontan bapak itu menangis bahagia sebab tahunya yang rusak tadi dibeli semua oleh peternak bebek tersebut.

Lalu hikmah apa yang dapat kita petik dari cerita ini???

Doa tidak harus dikabulkan sesuai permintaan, tapi terkadang diganti oleh Tuhan dengan sesuatu yg jauh lebih baik daripada yg diminta.

Mengenai kebutuhan kita, Tuhanlah yang Maha Tahu dibandingkan diri kita sendiri. Sebab itu janganlah jemu berdoa dan jangan terlalu sering menggerutu terlebih mengutuk!

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Tuhan mengetahui, sedang manusia tidak mengetahui".

Maka ingatlah...

"Jika Tuhan menjawab doamu, Ia sedang menambahkan imanmu. Jika Ia menundanya, Ia sedang menambahkan kesabaranmu. Jika Ia tidak menjawab doamu, Ia sedang mempersiapkan yang terbaik untukmu".

Tetap semangat bagi mereka yang sedang menanti panggilan kerja dan mencari pekerjaan.
Tetap bersabar bagi mereka yang sedang mencari kebahagiaan melalui "Jodoh" sebagai pendamping hidupnya.
Tetap tabah bagi mereka yang sedang mengalami penyakit yang seakan sukar untuk disembuhkan.

Sekali lagi, berdoa dan bersemangatlah ketika kita siap melangkah dalam menjalani kehidupan...

TETAPLAH BAHAGIA APAPUN KEADAAN KITA....

No comments: