Monday, February 9, 2009

UNDER PRESSURE

Menemukan yang cocok dengan pribadi kita sangat susah, baik jodoh maupun dengan pekerjaan. Karena masing-masing orang punya karakter, selera, pendidikan,dan latar belakang keluarga yang membentuk pribadi masing-masing.


Dalam beberapa hari ini banyak orang-orang terdekatku yang mengeluh tentang jodoh dan pekerjaan. Yang satu berkata,


"Mba…apa aku tidak cocok dengan pekerjaanku yang sekarang ya Mba? Soalnya aku merasa tertekan dengan pekerjaan ini. Apalagi kemaren aku ditekan bos, dengan ucapan,

"Kalo kamu terus begini, saya ga bisa garansi kamu lho"

"Kamu masih mau kerja apa ga sih?"

Aku merasa tertekan dengan kata-kata itu Mba. Dimana kekurangan saya?"


Aku hanya bisa menyampaikan, setiap pekerjaan ada resikonya, jadi kalopun atasan menekan seperti itu, ya anggap saja jadi motivasi buat kamu. Dan yang terpenting berusaha memperbaiki diri dari hari ke hari.

Merasa ga nyaman lagi dengan lingkungan pekerjaan adalah hal yang wajar, karena dia merasa tertekan. Ditengah perjalanan, merasa meyesal dengan pilihan pekerjaan tersebut, karena merasa ga sanggup dan ga kuat menghadapi tekanan dari atasan. Apa yang harus dilakukan??? Kenali diri sendiri, sampai sejauh mana kemampuan kita. Cari yang menjadi peluang, dan minimalkan kekurangan yang ada. Berani menghadapi resiko terhadap pilihan kita.

Kalo hanya berpikir dan mengeluh, maka tidak akan ada solusi. Yang diperlukan adalah keberanian untuk bertindak. Hanya ada 2 pilihan, pertama siapkan diri untuk menghadapi tekanan pekerjaan, dan bekerja keras untuk mencapai target pekerjaan, yang kedua, kalau sudah merasa tidak sanggup dengan tekanan pekerjaaan, silahkan resign, dan cari pekerjaan lain yang cocok dan sesuai dengan minat atau hobby. Memulai dari nol lagi untuk mencari pekerjaan adalah hal yang susah, apalagi dengan krisis global yang sekarang ini, malah banyak sekarang pengurangan tenaga kerja. Perasaan ganyaman akan semakin menjadi-menjadi kalo kita tidak secepatnya mengambil keputusan, kecuali kita akan berusaha untuk menikmati tekanan yang datang atau kita keluar dari tekanan itu.

Segala sesuatu yang dilakukan dibawah tekanan tidak akan mendatangkan hasil yang maksimal, yang ada rasanya tiap hari pikiran ini terbebani, rasanya kepala ini penuh dengan beban berat yang tidak kunjung selesai. Mengeluh dan mengeluh setiap hari tidak akan menyelesaikan masalah. Mensyukuri apa yang ada sekarang adalah pilihan yang terbaik, dan tetap berusaha untuk memperbaiki diri. Beranikanlah diri untuk mengambil suatu keputusan, dan siapkan strategi untuk menghadapi segala resiko yang akan terjadi atas pilihan hidup.

No comments: