Sunday, October 5, 2008

Sukses Dengan Prinsip Bijak Dale Carnegie


Dalam Buku How to Win Friends and Influence People, Dale Carnegie Menjelaskan berbagai prinsip bijak yang biasa mendatangkan sukses. Prinsip ini mencakup berbagai bidang. Terdiri dari :

Menjadi Orang yang lebih ramah
  1. Jangan mengkritik,menyalahkan atau mengeluh.
  2. Berikan penghargaan yang tulus dan jujur.
  3. Bangkitkan dalam diri orang lain kehendak yang kuat.
  4. Menyukai orang secara tulus
  5. Tersenyum.
  6. Ingat, bagi seseorang, nama adalah kata yang paling manis dan paling penting dalam bahasa apapun.
  7. Jadi pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk bicara tentang mereka.
  8. Buat orang lain merasa penting. Lakukan secara tulus.

Membuat orang lain mendukung pemikiran kita

  1. Satu-satunya cara untuk mendapatkan yang terbaik dari sebuah pertengkaran adalah menghindarinya
  2. Tunjukan respek kepada pendapat-pendapat orang lain. Jangan pernah berkata “Anda salah”.
  3. Jika salah akui secara cepat dan empatetis.
  4. Mulai dengan cara yang bersahabat
  5. Biarkan orang lain bicara banyak.
  6. Biarkan orang lain merasa, sesuatu itu adalah idenya.
  7. Usaha secara jujur untuk memandang sesuatu dari sudut pandang orang lain.
  8. Bersimpati dengan ide-ide dan hasrat orang lain.
  9. Dukung motif-motif yang bermoral.
  10. Buat ide-ide yang hebat, menarik dan membangkitkan semangat.
  11. Jangan menantang.

Menjadi Pemimpin

  1. Mulai dengan pijian dan penghargaan yang jujur.
  2. Bicarakan kesalahan sendiri sebelum mengkritik orang lain.
  3. Bertanya ketimbang memberikan pengarahaan kepada orang lain
  4. Biarkan orang lain menyelamatkan mukanya.
  5. Puji kemajuan terkecil dan puji setiap perbaikan.
  6. Beri orang lain reputasi yang baik sehingga dia juga memberikan hal yang sama.
  7. Gunakan dorongan. Buat kesalahan tampak mudah dikoreksi.
  8. Buat orang lain bahagia mengerjakan sesuatu yang Anda sarankan.


"Semua Kebesaran Berasal dari keberanian untuk memulai"

“ Jika merasa kecewa, saya akan menyanyi.

Jika merasa sedih , saya akan tertawa.

Jika merasa sakit, saya akan menggandakan pekerjaan.

Jika merasa takut, saya langsung terjun.

Jika merasa lemah, saya akan mengenakan baju baru.

Jika merasa tak pasti, saya akan meninggikan suara.

Jika merasa miskin, saya akan memikirkan kekayaan yang datang.

Jika merasa tidak kompeten, saya akan memikirkan sukses sebelumnya.

Jika merasa tidak bermakna, saya akan ingat tujuan-tujuan saya.

Hari ini saya kan menjadi nyonya dari emosi-emosi saya.”

"Jika orang ingin sukses dan menyiapkan diri untuk gagal, dia kan mendapatkan situasi yang ia siapkan"

No comments: